Googller News

Google Ngeluncurin Laptop Sistem operasi berbasis web

Posted on: Desember 15, 2010

Sistem operasi berbasis web dan cloud computing Chrome OS yang dikembangkan dari proyek yang sama dengan browser Chrome akhirnya secara resmi diluncurkan Google. Bahkan, raksasa internet tersebut menawarkan notebook yang menggunakan Chrome OS secara cuma-cuma bagi siapa saja yang akan menjajalnya.

Namanya Cr-48. Warnanya hitam legam tanpa logo, tanpa merek, dan tanpa stiker apapun. Layarnya 12 inci, menggunakan keyboard ukuran penuh model chiclet, dilengkapi touch pad seperti notebook umumnya, dan dilengkapi koneksi WiFi maupun 3G untuk akses internet. Baterainya tahan hingga 8 jam untuk penggunaan aktif dan 8 hari jika dibiarkan standby.
Notebook Chrome dirancang untuk mengakses web secepat mungkin dan digunakan pengguna untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan kolega lewat web. Untuk melakukan instalasi awal hanya butuh waktu kurang dari semenit. Waktu boatingnya pun hanya 10 detik. Google juga mengklaim sistem operasi ini paling aman dibanding sistem operasi lainnya yang ada di pasaran.

Eits, tapi nanti dulu. Gratis bukan berarti semua kebagian karena Google hanya akan memberikan notebook tersebut kepada orang-orang yang terpilih. Notebook tes ini ditujukan kepada para pengembang, anak-anak sekolah, dan pelaku bisnis. “Kami mulai dengan AS dan akan meluas ke negara lainnya begitu kami peroleh izin. Untuk berpartisipasi dalam program pilot ini, kunjungi situs web notebook Chrome,” tulis pernyataan Google dalam blog resminya.

Ini merupakan bagian dari pilot project uji coba pemanfaatan Chrome OS sebagai model notebook gaya baru di masyarakat. Selain itu, program ini baru berlaku di AS saja. Chrome OS memang masih tahap pengembangan awal dan belum dikomersialisasikan.

Google menyatakan, pilot project dilakukan untuk mendaptakan masukan dari pengguna langsung. Selain itu, beberapa fitur di Chrome OS membutuhkan hardware keluaran baru sehingga Google tidak buru-buru merilis versi pre-beta pada komputer baru di pasaran saat ini. Notebook dengan Chrome OS baru akan keluar pertengahan tahun depan.

“Pada semester pertama tahun depan, notebook dengan Chrome baru akan tersedia untuk dijual dari Acer dan Samsung. Produsen lainnya akan menyusul,” demikian pernyataan Google di blog resminya. Meski saat ini baru dicontohkan untuk notebook, Chrome OS didesain untuk mendukung perangkat dengan layar berbagai ukuran maupun berbagai jenis perangkat sehingga memungkinkan digunakan pada produk-produk lainnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: