Googller News

Google Siapkan Netbook Berplatform Chrome

Posted on: Desember 9, 2010

Google Siapkan Netbook Berplatform Chrome
Netbook ini tak punya penyimpanan hard disk dan hanya menjalankan aplikasi berbasis web.

CEO Google, Eric Schmidt

Google baru saja mengumumkan pengujian terhadap sebuah komputer netbook yang dapat menjalankan sistem operasi Chrome. Dalam sebuah acara yang diselenggarakan di San Francisco hari ini(09desember2010), Google memperlihatkan prototipe netbook bernama Cr-48.

Cr-48 adalah netbook sebesar 12,1 inci yang dirancang untuk selalu terhubung dengan internet dan tidak memiliki hard drive. Maka, semua aplikasi yang dijalankannya adalah aplikasi berbasis web dan data-data yang dikerjakannya hanya akan disimpan di web.

“Saat Anda bermain dengan netbook ini setiap hari, Anda akan menyadari bahwa perangkat ini akan bekerja dengan baik,” ujar Google Chief Executive Eric Schmidt, dikutip dari situs Seattle Times.

Di Amerika Serikat, Cr-48 yang diklaim  mampu bertahan hidup hingga 8 jam itu akan hadir dengan paket berlangganan data 3G gratis dari Verizon selama 100 megabita pertama.

Cr-48 memiliki papan kunci berukuran standar, tanpa menyediakan tombol function atau caps lock. Menurut situs Cnet, Google menjuluki versi Chrome kali ini sebagai “sistem operasi paling aman yang pernah dibuat.”

Gooogle mempersiapkan sistem operasi ini untuk bisa melakukan auto updatingdi level sistem operasi, dan semua data pengguna secara default dienkripsi. Chrome juga menyediakan Verified Boot, untuk memastikan sistem operasi di komputer ini sebagai firmware yang read-only, sehingga tidak ada software manapun yang bisa memodifikasinya.

Netbook bersistem operasi Chrome ini mungkin baru akan tersedia oleh vendor komputer seperti Acer dan Samsung sekitar pertengahan tahun depan. Sebelumnya, Google juga mengatakan bahwa Hewlett-Packard dan Dell juga tertarik untuk membuat netbook semacam ini.

Dalam kesempatan yang sama, Google juga Chrome Web Store, sebuah marketplace virtual semacam Apple App Store, di mana para pengembang bisa memasarkan aplikasi-aplikasi mereka.

Toko online ini akan terintegrasi dengan sistem pembayaran Google Checkout, sehingga pengguna bisa langsung mengeklik untuk membeli dan mengunduh aplikasi-aplikasi yang diinginkan.

Walaupun dirancang untuk browser Chrome, menurut Vice President of Product Management Google Sundar Pichai, Chrome Web Store juga bisa bekerja dengan baik di browser-browser modern lainnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: